Bacakan Sambutan Ganjar, Bupati : Ideologi Bangsa Sudah Final

oleh -3 views

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto bertindak sebagai inspektur upacara dalam Upacara Peringatan HUT Ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Kompleks Yonif 410/Alugoro Jalan Raya Pati-Tayu, Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati, Sabtu (17/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Haryanto membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar menegaskan pentingnya menjaga persatuan tanpa membedakan suku, agama atau pun ras. Mengutip perkataan Gus Dur, disebutkan dalam sambutannya, orang tak akan bertanya apa agamamu, apa sukumu ketika berbuat baik.

Dalam sambutan yang dibacakan Haryanto, Ganjar juga menyebut betapa pahlawan bangsa berasal dari latar belakang agama yang berbeda-beda. Namun, hal ini tidak lantas menjadi permasalahan. Justru sebaliknya, para pahlawan bangsa bersama-sama membangun Indonesia.

Ganjar juga menekankan Pancasila sebagai ideologi negara yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang memiliki berbagai latar belakang ras dan agama. Ia juga menyinggung segelintir pihak yang hendak mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

“Pancasila sebagai dasar Republik adalah harga mati. Tidak bisa ditawar dan harus kitatanam sedalam-dalamnya di Bumi Pertiwi. Pancasila inilah sebagai induk semangnya negara ini, yang di dalamnya bersemayam ajaran-ajaran agama: Hindu, Budha, Islam, Katolik, Kong Hu Chu dan Kristen. Yang di dalamnya bersemayam spirit-spirit berasaskan kebudayaan Nusantara,” ucap Haryanto membacakan sambutan Ganjar.

Ganjar meyakini, ideologi bangsa sudah final. Perdebatan untuk mengganti ideologi bangsa tidak sepatutnya terjadi lagi.

“Perbincangan kita harus melompat jauh ke depan. Bangsa Cina dan India telah bergerak menuju Bulan, bangsa Amerika telah bersiap membangun perumahan di Mars. Meski saat ini kita belum mampu, jangan biarkan anak-anak kita hanya jadi penonton atas keberhasilan bangsa lain,” ucap Haryanto.

Ganjar mengajak segenap masyarakat untuk menciptakan Gold generation pada 2040, 20 tahun lagi.

“Mulai sekarang segala daya upaya, tenaga dan pikiran, jiwa dan raga kita kerahkan untuk masa depan cemerlang anak-anak kita,” sebut Haryanto. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *