Awal Tahun 2020, UMK Kabupaten Pati Alami Kenaikan

oleh -893 views

para perwakilan perusahaan ketika mengikuti sosialisasi berbagai peraturan ketenagakerjaan di Aula Disnaker Pati

Seputarmuria.com, PATI – Upah merupakan suatu penerimaan imbalan dari pengusaha kepada buruh untuk sesuatu pekerjaan atau jasa yang telah atau akan dilakukan, dinyatakan atau dinilai dalam bentuk uang yang ditetapkan menurut suatu persetujuan, atau peraturan perundang – undangan.

Upah minimum (UM) adalah upah bulanan terendah yang terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap. Adapun di Kabupaten Pati, UMK ini akan rencananya akan mengalami kenaikan di awal tahun 2020.

Hal ini terungkap oleh Kepala Disnaker Pati yang diwakili oleh Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pati, Hendri Kristiyanto saat memberikan sosialisasi berbagai peraturan pelaksanan dalam ketenagakerjaan, Selasa (30/8/2019) di Aula Disnaker Pati.

“Rencananya memang kita akan mengusulkan perubahan UMK Kabupaten Pati ini di tahun 2020. Dalam perubahan UMK ini, tentunya melalui beberapa indikator yang ada”, ungkapnya.

Ia menyebut, indikator tersebut yaitu inflasi yang dihitung mulai dari bulan September 2018 sampai dengan September 2019. Kemudian perubahan prodak domestik bruto yang dihitung dari pertumbuhan produk domestik bruto yang mencakup periode kuarta 3 dan 4 tahun sebelumnya dan periode kuarta 1 dan 2 tahun berjalan.

“Jadi kenaikan UMK indikatornya memang dipengaruhi oleh produk domestik bruto dan inflasi nasional”, tegasnya.

Ia menegaskan, pihaknya bersama dengan dewan pengupahan yang terdiri dari unsur pekerja, pengusaha serta pemerintah, menghitung sesuai dengan PP Nomer 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Sebab selama ini, belum ada aturan yang baru untuk menghitung UMK.

“Atas segala perhitungan dan pertimbangan tersebut, kami mengajukan kepada Bupati yang kemudian Bupati akan mengajukan kepada Gubernur Provinsi Jawa Tengah. Ini kita laksanakan di bulan September 2019, sebab di bulan Oktober 2019 pengajuan tersebut harus sudah ada di meja gubernur”, pungkasnya.

Usai disetujui dan ditandangani oleh Gubernur Jawa Tengah, maka perubahan UMK tersebut mulai terealisasi 1 Januari 2020. Adapun besaran UMK Kabupaten Pati menunggu munculnya nilai inflasi dan PDB Gubernur atau BPS. Dan September 2019 sidang pengusulan UMK 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *