Arak – Arakan Ogoh Sambut Lebaran

oleh -736 views

Seputarmuria.com, PATI – Desa Sarirejo Kecamatan Pati mendadak riuh dengan adanya pawai dalam rangka malam takbiran jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Pawai ini memang tidak hanya sekali ini saja, namun telah dilaksanakan setiap tahun.

Ketua Panitia, Setyo Widodo mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memang diadakan setiap tahunnya guna menyambut Hari Raya Idul Fitri. Yaitu dengan mengarak ogoh sembari melantunkan takbir.

“Yang ditampilkan adalah hasil kreativitas dari masing – masing peserta. Terdapat 13 peserta yang mengikuti kegiatan ini”, ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (4/6/2019).

Adapun peserta dari kegiatan tersebut yaitu, 10 mushola di Desa Sarirejo, 2 mushola dari luar desa, serta 1 komunitas remaja dari desa tetangga. Mulai hingga anak – anak hingga dewasa turut berpartisipasi dalam pawai berbalut takbir keliling.

Setyo menambahkan, pawai dan takbir keliling tersebut tak hanya untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri saja, namun juga di lombakan. Seperti tahun – tahun sebelumnya, bagi yang mendapat juara akan mendapat hadiah.

Adapun hadiahnya adalah, Juara 1 Piala + Penghargaan dan 3 ekor bebek, Juara 2 Piala + Penghargaan dan 2 ekor bebek, Juara 3 Piala + Penghargaan dan 1 ekor bebek. Sedangkan juara harapan 1, 2 dan 3 mendapatkan hadiah yang sama yaitu, Al Qur’an dan perlengkapan sholat.

Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB tersebut, dimulai keberangkatannya dari Masjid Nurul Huda kemudian mengelilingi desa dan berakhir di Pendopo Desa Sarirejo. Dengan penuh semangat, para peserta mengarak ogoh tersebut sembari terus melantunkan kalimat takbir.

“Harapan kami, agar para remaja selalu bergairah dan selalu aktif menampilkan hasil kreativitasnya dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *