Apresiasi Bupati atas Terlaksananya Operasi Bibir Sumbing Gratis

oleh -194 views

Seputarmuria.com, PATI – Menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dan RS KSH, Kodim 0718/Pati menyelenggarakan operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat Kabupaten Pati dengan tema Senyummu, Harapanku.

Kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati HUT ke – 74 TNI ini, telah menjaring 14 warga masyarakat yang menjadi calon pasien operasi bibir sumbing.

Adapun dalam tahapan pra operasj yakni dilakukan skrining terlebih dahulu yakni hari ini, Selasa (15/10/2019), sedangkan usai dilakukan skrining akan dilaksanakan operasi pada tanggal 22 – 23 Oktober 2019, pra operasi 24 Oktober 2019 serta pasca operasi yaitu tanggal 29 Oktober 2019.

Dandim 0718/Pati, Letkol Arm Arief Darmawan mengucapkan syukurnya lantaran rangkaian kegiatan yang terakhir dari total 9 atau 10 kegiatan dalam memperingati HUT ke 74 TNI akhirnya terlaksana.

“Bakti sosial operasi bibir sumbing, sebelumnya juga ada operasi katarak yang bekerja sama dengan KSH. Memang kami sudah memprediksi dari awal tingkat kesulitan dalam mencari pasien bibir sumbing”, ujarnya saat diwawancarai, Selasa (15/10/2019).

Arief menyebut memang telah berkoordinasi dengan kepolisian, dalam hal ini di lapangan yaitu antara Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang berupaya mencari pasien. Namun hal itu, antara senang dan tidak senang.

“Kami senang, kami kesulitan mencari pasien bibir sumbing, artinya masyarakat Pati secara umum sudah cukup sehat, asupan gizinya seimbang sehingga kita sulit mencari pasien bibir sumbing”, imbuhnya.

Sedangkan, lanjut Dandim, tidak senangnya, karena target tidak terpenuhi. Awalnya, target kami, setelah berkoordinasi dengan pihak KSH, kami bisa mendapat pasien 20-30 orang. Kemudian, karena kendala di lapangan, target diturunkan jadi 10.

“Akhirnya kami mendapatkan. Khusus di wilayah Pati saja kami baru mendapat 8 orang, kemudian sisanya kami mendapat pasien di luar Pati, yakni Kudus, Rembang, Demak, dan Jepara. Sehingga totalnya 14 pasien. Mudah – mudahan seluruhnya bisa dioperasi dengan baik, ditangani dengan baik oleh tim dokter yang kami datangkan dari Semarang dan sekitarnya”, ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan, kegiatan bakti sosial yang digelar TNI tidak hanya hari ini saja. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengobati kecemasan hati dari para orang tua yang putra putrinya akan menjalani operasi.

“Atas peran serta dari TNI, Polri, KSH, akhirnya keluarga yang saat ini merasa cemas tadi insyaAllah akan teratasi. Para orang tua tidak usah khawatir, sebab operasi ini akan dikerjakan oleh ahlinya”, katanya.

Mulai dari yang masih balita, anak, remaja maupun dewasa, bupati menyampaikan agar tidak usah berkecil hati. Sebab, bupati menyebut, zaman dahulu belum ada kegiatan sosial semacam ini. Apabila mendapat bibir sumbing, maka selamanya akan seperti itu.

“Niat yang baik ini kita sambut dengan baik. Peran dari pemerintah maupun instansi kesehatan, tidak mengejar keuntungan. Namun, bentuk bakti sosial kepada masyarakat seperti kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini”, imbuhnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *