Anugerah Konstitusi 2019, SMKN 2 Kudus Sabet Juara 1

oleh -580 views

Seputarmuria.com, KUDUS – SMK N 2 Kudus patut berbangga diri lantaran salah satu gurunya berhasil membawa nama baik sekolah hingga ke tingkat nasional.

Didit Yoga Sudibyo, guru PPKn SMK N 2 Kudus berhasil menyabet juara 1 dalam Anugerah Konstitusi bagi guru PPKN berprestasi tingkat nasional IX tahun 2019 jenjang SMA/SMK/MA/MAK. Acara tersebut dilaksanakan tanggal 12 hingga 16 November 2019 dan bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Didit mengatakan dalam ajang tersebut yaitu lomba Anugerah Konstitusi 2019, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten, Tingkat Propinsi, dan Tingkat Nasional untuk masing – masing Kementerian Kemendikbud dan Kemenag.

“Salah satu komponen bangsa yang dianggap penting untuk mendapat pemahaman mengenai MK ialah Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (red, PPKn). Hal ini antara lain berdasar pertimbangan bahwa ada keterkaitan erat antara MK dengan guru PPKn tersebut”, ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (17/11/2019).

Yakni, lanjut Didit, MK mendorong terwujudnya budaya sadar konstitusi sedangkan oleh guru PPKn dapat menjadi pihak yang mendidik peserta didik agar menjadi anak – anak bangsa yang memiliki budaya sadar berkonstitusi.

Untuk diketahui bahwa masing – masing juara Nasional 1, 2, dan 3 dari Kementerian Kemendikbud dan Kemenag, di adu dalam malam puncak Anugerah Konstitusi 2019 untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3.

“Dari ajang ini pesan saya kepada rekan seprofesi, utamanya guru PPKn yaitu, marilah kita kembangkan pembelajaran PPKn yang memuat Civic knowledge, Civic skill, dan Civic disposition”, ajaknya.

Menurut Didit, teknologi secanggih apapun, tidak akan bisa menggantikan peran guru dalam membentuk sikap dan karakter peserta didiknya.

“Teknologi hanya bisa memberikan Civic knowledge, tetapi tidak bisa membentuk Civic skill ataupun Civic disposition”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *