Antusias Warga Karangdalem Gembong Arak Gunungan Ketupat Keliling Kampung

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Warga RT 03 dan RT 04 RW 03, Dukuh Karangdalem, Desa/Kecamatan Gembong menggelar aksi parade gunungan ketupat. Sebanyak 2000 ketupat dan lepet diarak keliling kampung.

Selain orang tua, para milenial juga turut andil dalam agenda ini. Mereka tampak antusias dalam mengikuti rangkaian acara yang baru pertama digelar di kampungnya.

Ketua panitia, Abdul Jalil menjelaskan, kegiatan ini merupakan yang perdana di kampungnya. Mulanya, beberapa tokoh masyarakat mengalami kegelisahan akan budaya lebaran ketupat yang semakin lama kian pudar. Alasan lainnya, adalah untuk memperkuat tali persaudaraan antarwarga. 

“Meskipun warga kami tergolong adem-adem saja, tapi kerukunan tetap harus ditingkatkan. Seperti filosofi ketupat, dari dua bilah janur yang lemah, mampu menjadi wadah yang kuat,” kata dia, Minggu (8/5/2022).

Abdul Jalil menjelaskan, mekanisme pengumpulan 1000 ketupat dan 1000 lepet tersebut, yakni dengan cara berkoordinasi dengan beberapa tokoh masyarakat untuk mengkalkulasi jumlah KK yang ada di wilayah RT 03 dan 04. Kemudian, ia membeli janur sebanyak 2000 buah dan dibagikan kepada masing-masing KK.

“Setiap KK kebagian 15 janur untuk dibuat ketupat dan lepet. Dalam gunungan itu ada kontribusi seluruh warga. Intinya, kalau kita bersama-sama, betapa pun sulitnya permasalahan akan bisa diatasi,” tegasnya.

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.