Angin Kencang Terjang Sejumlah Wilayah di Kabupaten Pati

oleh -505 views

Seputarmuria.com, PATI – Dampak hujan dan angin kencang yang melanda di sejumlah daerah di Kabupaten Pati, Rabu (11/12/2019) siang hingga sore, beberapa rumah dan bangunan dinyatakan rusak.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Hadi Santosa menyebut bahwa hingga pukul 15.00 WIB, para relawan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) dari berbagai kecamatan menyampaikan laporan sebagai berikut.

“Pertama, di Desa Tompomulyo, Kecamatan Batangan, terdapat dua rumah dan satu gudang yang roboh maupun rusak akibat diterjang angin kencang disertai hujan deras,” ucapnya.

Rumah pertama ialah milik Alm. Waini, ibu dari Martono. Kerugian ditaksir Rp 25 juta.

Rumah kedua ialah milik Cuwo. Kerusakan tidak terlalu parah. Kerugian ditaksir Rp 1 juta.

Gudang yang rusak tersebut ialah milik Supadi. Kerugian yang dialaminya ditaksirĀ  sekitar Rp 100 juta.

“Kemudian ada juga laporan dari Babinsa Ngastorejo dan Karangrowo, Kecamatan Jakenan. Di Desa Ngastorejo, ada warga yang genteng rumahnya rusak ringan karena terpaan angin. Ini sudah diperbaiki pemilik rumah,” katanya.

Di Desa Karangrowo, selain sebagian warga mengalami kerusakan ringan pada atap rumahnya, terdapat satu unit rumah usaha pembesaran ayam potong berkapasitas 3.500 ekor yang rusak berat/roboh. Rumah usaha ini ialah milik Abdul Rokhim.

Hadi menambahkan, di Dukuh Sampang, Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan, akibat derasnya terpaan angin, 9 tiang listrik dan 8 tiang telepon roboh. Terkait hal ini, Babinsa dan perangkat desa telah melaporkannya kepada PLN.

“Selain itu, info dari relawan Desa Kasihan Kecamatan Sukolilo, terjadi puting beliung sekira pukil 12.30 WIB. Beberapa rumah rusak ringan dan sudah dibenahi oleh warga,” ucapnya.

Sekira pukul 13.00, terjangan angin juga terjadi di Desa Sriwedari Kecamatan Jaken. Satu rumah dan pohon pun tumbang.

“Info dari sejumlah relawan di Pati, ada beberapa pohon tumbang di dalam kota Pati dan telah dilakukan pembersihan,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *