Akses Menuju Waduk Seloromo Rusak, Bupati Ingin Ada Tindak Lanjut Pihak Berwenang

oleh -398 views

Seputarmuria.com, PATI – Kondisi jalan masuk menuju Waduk Seloromo, Kecamatan Gembong, yang rusak menjadi perhatian Bupati Pati Haryanto.

Kondisi jalan yang rusak, berbatu, dan ketika kemarau jadi berdebu membuat masyarakat kesulitan jika melaluinya.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, dalam perbaikan jalan tersebut, Pemkab Pati tidak bisa bergerak sendiri. Sebab, penanganan jalan tersebut merupakan kewenangan dari pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Hal itu disampaikan Haryanto ketika menghadiri Gerakan Pungut Sampah Bersama dalam rangka memperingati Hari Sampah Sedunia (World Clean Up Day) di Waduk Seloromo Gembong, Sabtu (21/9/2019).

“Oleh sebab itu, saya berharap Kepala Balai PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Seluna (Serang-Lusi-Juana) nanti bisa mengusahakan kerja sama, kalau memang bisa diupayakan sharing. Atau nanti kita izin ke pusat dalam rangka untuk penanganan,” ujarnya.

Menurutnya, karena Waduk Seloromo merupakan aset pemerintah pusat berada di Kabupaten Pati, sebagian masyarakat menganggap kerusakan jalan adalah bentul pengabaian Pemkab.

“Padahal kita kalau membangun harus ada izin. Kalau tidak diberi izin, kami tidak berani. Karena itu aset pusat. Apapun itu, kewenangan ada di pusat. Karena itu, kami berharap kepada Kepala BPSDA Seluna untuk proaktif dalam rangka penanganan akses jalan ini,” tegasnya.

Haryanto menyebut, perbaikan jalan dapat mendukung pariwisata, sekaligus memberi kemudahan bagi masyarakat di lingkungan sekitar Waduk Seloromo yang melewatinya.

Menanggapi apa yang disampaikan Bupati Pati, Kepala BPSDA Seluna Kunarto kembali menjelaskan, penanganan jalur akses masuk menuju Waduk Seloromo memang merupakan kewenangan pemerintah pusat. Namun demikian, ia berjanji, pihaknya akan berkoordinasi dengan BBWS Pemali Juana selaku instansi yang berwenang.

“Ini bertujuan agar jalan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat ada tindak lanjut perbaikan.

Ia juga menguatkan, seperti yang telah disampaikan Pak Bupati, bisa sharing atau bagaimana. Namun, harapan dari pihaknya, karena instansi vertikal memiliki uang banyak, mudah-mudahan dengan koordinasi nanti bisa segera ditangani.

“Supaya kita bisa memberi pelayanan pada masyarakat secara optimal,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *