ABP Kasamida Di Rumah Marfuah

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Komunitas filantropi Ayo Berbagi Pati (ABP) mengadakan kegiatan Kasamida (Buka Puasa Silaturahmi ke Rumah Duafa) di kediaman Marfuah (36) dan Sutiyono (38), Dukuh Krobok, Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Kamis (9/5/2019).

Perwakilan ABP Sri Antini menjelaskan, kegiatan Kasamida tersebut merupakan yang kali pertama dilaksanakan pada Ramadan kali ini. Rencananya, setiap pekan akan dilaksanakan kegiatan serupa di tempat yang berbeda.

“Kasamida akan dilaksanakan di kediaman dhuafa di sekitar kita. Untuk pelaksanaan perdana ini, kami pilih kediaman Marfuah dan Sutiyono. Ke depan akan dilaksanakan di kediaman dhuafa yang lain,” ucapnya.

Antini menjelaskan, Marfuah dan Sutiyono adalah kakak-beradik yang setahun belakangan menjadi pasien dampingan ABP. Mereka memiliki (maaf) cacat bawaan sejak berusia tujuh tahun. Kaki mereka mengecil dan memiliki luka cukup dalam. Akibatnya, mereka kesulitan berjalan. Bahkan, Marfuah sudah berpuluh tahun tidak keluar rumah. Selama ini, Marfuah dan Sutiyono tinggal bersama ibu mereka, Mariyah.

“Karena kekurangan biaya, sebelum menjadi pasien dampingan ABP, mereka tidak mendapat penanganan yang memadai. Sekarang, setiap dua kali dalam sepekan, ada anggota ABP yang secara bergantian merawat Marfuah dan Sutiyono,” jelasnya.

Selain Marfuah dan Sutiyono, ABP memiliki banyak pasien dampingan lain yang mereka bantu dalam proses penyembuhan. Pasien dampingan lain juga berkesempatan untuk menjadi tujuan Kasamida secara bergiliran.

“Namun, kami juga memberi kesempatan kepada masyarakat umum untuk memberi usulan mengenai dhuafa yang layak menjadi tujuan Kasamida,” terangnya.

Dalam kegiatan Kasamida, selain buka puasa bersama, ada pula penyerahan santunan berupa sembako.

Antini menerangkan, Kasamida merupakan program baru pada Ramadan tahun ini. Pada Ramadan sebelumnya, kegiatan ABP ialah membagi takjil gratis.

“Tapi pada perkembangannya, kami lihat yang membagikan takjil gratis sudah sangat banyak. Bahkan kami lihat sampai di pelosok-pelosok kecamatan juga ada. Maka, pada Ramadhan kali ini kami melakukan kegiatan yang berbeda, yaitu Kasamida ini,” ungkapnya.

Kegiatan Kasamida, lanjut Antini, terbuka bagi masyarakat umum. Masyarakat bisa ikut berdonasi dalam kegiatan ini.

“Cukup dengan Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu, masyarakat bisa terlibat dalam kegiatan ini. Donasi tersebut sudah termasuk iuran buka puasa dan santunan untuk dhuafa,” ungkapnya.

Sementara itu, Marfuah mengaku sangat bersyukur mendapat perhatian dari ABP.

“Saya sangat bersyukur teman-teman (ABP) mau buka puasa bersama di sini dan selama ini merawat saya dan kakak saya. Sebelum mendapat perawatan rutin dari ABP, saya hanya melakukan pengobatan seadanya. Paling hanya beli obat di apotek,” ungkapnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *