10 Juta Lapangan Pekerjaan Guna Kurangi Pengangguran

oleh -458 views

Seputarmuria.com, PATI – Job Fair Pati 2019 yang merupakan pameran bursa kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) tingkat kabupaten ialah suatu contoh terbukanya kesempatan kerja yang bisa diisi para pencari kerja.

Ini berkontribusi pada penurunan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Bursa Kerja Kementerian Tenaga Kerja RI Timbul Tua Panggabean ketika menghadiri seremoni pembukaan Job Fair Pati 2019 oleh Disnaker Kabupaten Pati di kompleks UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Pati, Rabu (24/7/2019).

“Namun, pameran seperti ini tidak lantas bisa menjadi kebanggaan bagi pemerintah. Sebab, target penurunan angka pengangguran di Indonesia belum sepenuhnya tercapai”, ujarnya.

Ia mengajak pada segenap hadirin untuk terus meningkatkan penempatan tenaga kerja. Sehingga tingkat pengangguran terbuka bisa di bawah lima persen.

Timbul menyebut, berdasarkan data Badan Pusat Statistik per Agustus 2018, tingkat pengangguran terbuka ialah 5,34 persen.

Dalam rangka terus menurunkan angka pengangguran ini, pemerintah menargetkan terciptanya 10 juta lapangan pekerjaan dalam periode lima tahun, yakni sepanjang 2015 hingga 2019.

“Berdasarkan data Kemnaker, hingga Desember 2018 telah tercipta lapangan kerja bagi 10.546.500 orang. Artinya, dalam kurun empat tahun, target telah terlampaui,” ujarnya.

Bagaimanapun, Timbul menyebut bahwa, pekerjaan mengurangi angka pengangguran belum tuntas.

Ia menegaskan, salah satu faktor terjadinya pengangguran ialah terbatasnya informasi bagi pencari kerja terhadap lowongan pekerjaan.

“Untuk mengatasi hal tersebut, satu di antara cara yang bisa dilakukan ialah mengadakan pameran kesempatan kerja seperti hari ini. Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pencari kerja di Kabupaten Pati dan sekitarnya,” harapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *